Detail Berita Kalirejo

VAKSINASI COVID 19 UNTUK KEPALA DESA & PERANGKAT DESA KALIREJO

     Vaksinasi Covid 19 adalah salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran virus Corona agar tidak semakin luas lagi penularannya. Kegiatan vaksinasi kali ini di tujukan untuk pelayan masyarakat khususnya Pemerintah Desa Kalirejo. Pelaksanaan vaksin dilakukan di Puskesmas Singorojo II pada Tanggal 27 Maret 2021 Jam 08.30 sampai selesai. Vaksinasi diikuti oleh Kepala Desa Kalirejo dan Perangkat Desa Kalirejo. Dengan di bantu oleh Bidan Desa Kalirejo Kami dari Pemerintah Desa Kalirejo diarahkan untuk melaksanakan vaksin sesuai dengan urutan dan prosedur pelaksanaannya. Vaksinasi untuk Pemerintah Desa Kalirejo Tahap pertama dilakukan di Kecamatan Singorojo Pada tanggal 13 Maret 2021. Pelaksanaan Vaksin kedua ini berjarak dua minggu dari vaksin pertama tersebut.

     Sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki resiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi. Dengan mendapatkan vaksin maka tubuh bisa meningkatkan sistem kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu. Selain manfaat secara individu tersebut, manfaat lainnya secara global juga bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Virus Corona, mendorong terbentuknya herd immunity, dan bisa meminimalkan dampak ekonomi dan sosial.

     Urutan pelaksanaan dari vaksinasi yaitu :

PENDAFTRAN

     Di tempat pendaftaran ini peserta vaksinasi akan di catat dan didata untuk pelaksanaan vaksinasi. Yang perlu di bawa untuk melakukan pendaftaran yaitu E-KTP Asli yang nantinya akan di tunjukkan ke petugas pendaftaran.

Setelah tercatat di pendaftaran maka peserta akan dipersilahkan untuk menunggu giliran ke ruang skrining.

 

SKRINING

     Di ruang ini kita akan di tanya oleh dokter tentang penyakit bawaan, ataupun ada keluhan lain tentang kesehatan guna mengetahui kondisi kita sebelum di vaksin. selain itu akan di cek juga tensi darah kita, nantinya yang bisa menentukan bisa atau tidaknya kita di vaksin adalah dokter yang bertugas di ruang skrining tersebut. Apabila ketika di skrining tensi darahnya tinggi maka akan dipersilahkan menunggu sejenak hingga nanti tensi darahnya turun, barulah kemudian bisa melanjutkan ke ruang vaksinasi.

 

VAKSINASI

     Di ruang ini kita akan di suntikkan vaksin yang telah disediakan oleh petugas dari Puskesmas. Tidak perlu takut, karena memang tidak sakit sama sekali. Diruang vaksinasi hanya memerlukan waktu sebentar saja, setelah di suntik bisa langsung ke ruang selanjutnya.

 

PENCATATAN & OBSERVASI

     Diruang ini kita akan di tanya apakah ada keluhan sakit setelah selesai di suntik. Selain itu akan di cetakkan juga bukti bahwa telah melakukan vaksin. Nantinya kita akan mendapat kartu vaksinasi. Untuk Sertifikat vaksinasi bisa dicetak sendiri setelah mendapat SMS ke nomor masing-masing.

 

     Kami segenap Pemerintah Desa Kalirejo menghimbau agar warga tidak takut untuk di vaksin, ini demi kesehatan kita bersama. Kami menjaga anda, anda menjaga keluarga dan saudara anda. Mari saling peduli dan lindungi, Bersama Kades dan Perangkat masyarakat Sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*


Dipost : 2021-03-29 10:14:00 | Dilihat : 457