Detail Berita Kalirejo

MUSRENBANGDES 2021 DESA KALIREJO

Pengertian Musrenbangdes

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat Musrenbangdes adalah musrawarah tahunan warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi Desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan usulan program maupun kegiatan menurut skala prioritas dan dilaksanakan guna mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki Desa. Sebelum dilaksanakannya Musrenbangdes terlebih dahulu dilaksanakan musyawarah di tingkat Dusun guna membahas masalah yang ada serta menampung usulan yang akan dibawa ke musyawarah tingkat Desa. Musyawarah di tingkat Desa sendiri akan membahas prioritas dari usulan setiap Dusun dan menyepakati usulan-usulan program mana saja yang akan dibawa ke Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam).

 

Musrenbangdes Kalirejo Tahun 2021 Untuk Usulan Tahun 2022

Musrenbangdes Kalirejo dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 19 Januari 2021 bertempat di aula Balai Desa Kalirejo. Pada pelaksanaannya kegiatan tersebut berjalan secara lancar. Petugas pada kegiatan tersebut dari Perangkat Desa Pemerintah Desa Kalirejo, dari Pembawa Acara, Dirigen lagu Indonesia Raya, dan Pembaca Doa.

Musrenbangdes tahun ini merupakan yang pertama untuk Kepala Desa Kalirejo yang baru yaitu Bp. Moh. Ayub. Musrenbangdes ini dihadiri oleh berbagai lembaga-lembaga yang ada di Desa Kalirejo. Dari Pemdes Kalirejo, BPD Kalirejo, Ketua RW dan Ketua RT, Perwakilan PKK, LPMD, KPMD, Tokoh Agama, Perwakilan Linmas, Karang Taruna, Kader Posyandu, Babinsa & Babinkamtibmas, Serta Tokoh Masyarakat Lainnya.

Musrenbangdes dimulai dengan Sambutan dari Kepala Desa Kalirejo serta dilanjut arahan oleh Ketua BPD Desa Kalirejo. Setelah itu dilanjutkan pemaparan materi oleh para narasumber. Narasumber pada musrenbangdes kali ini adalah Tim II dari Kecamatan yang terdiri dari Bp. Tejo Pramono, BP. Rohadi, dan Bp. Suardi. Ketiganya menyampaikan materi yang kurang lebih sama, yaitu tentang perencanaan pembangunan desa.

Setelah materi sudah disampaikan oleh semua narasumber, maka acara selanjutnya yaitu pemaparan usulan program setiap Dusun yang disampaikan oleh Kepala Dusun masing-masing. Selain usulan dari setiap Dusun tidak lupa juga perwakilan dari PKK, Kader Posyandu, Linmas, Pemuda, dan Tokoh Agama ikut menyampaikan usulan program yang diusung. Setelah semua usulan program sudah ditampung maka dilanjutkan untuk membahas program mana saja yang akan dijadikan prioritas dan akan diusulkan ke musrenbangcam. Setelah dibahas dan dirembuk bersama akhirnya disepakati usulan program mana saja yang akan dijadikan prioritas dan diusulkan ke musrenbangcam.

 

Berikut adalah 8 usulan program yang dijadikan prioritas dan akan dibawa ke musrenbangcam untuk tahun 2022 :

1. Melanjutkan Pembangunan Jalan Kabupaten (dari Surak sampai Pongangan)

2. Rehabilitasi Jembatan Jalan Kabupaten Dusun Glompong RT 002

3. Pembangunan Jalan dan Jembatan penghubung Desa Kalirejo dan Desa Trayu (Kalipuru sampai Goa)

4. Pelatihan Servis Barang Elektronik

5. Pelatihan Membuat Mahar/Seserahan

6. Pelatihan Tanaman Hidroponik

7. Pelatihan Budidaya Ikan (Nila, Kakap, atau Gurami)

8. Pengadaan Perlengkapan Alat-alat Kesehatan Untuk PKD Desa Kalirejo 

 

Harapannya seluruh usulan program bisa didanai dan bisa terlaksana demi kepentingan seluruh warga Desa Kalirejo.

*

*


Dipost : 2021-01-25 10:00:37 | Dilihat : 394